Minggu, 07 November 2010

gingsul itu indah, tetapi lebih indah kalau rapi

ANDA pasti pernah melihat gigi gingsul bukan?
gigi gingsul atau yang disebut dalam kedokteran gigi "ectopik" adalah gigi taring atas yang tumbuh tidak pada tempatnya, biasanya di sisi atas samping depan.
Karena tumbuh lebih ke arah pipi, maka saat tersenyum terlihat menonjol di sudut mulut.

Gingsul termasuk salah satu kelainan pertumbuhan pada gigi-geligi. Penyebabnya antara lain kurangnya ruangan akibat gigi berjejal pada lengkung rahang, atau ukuran gigi-gigi yang besar menempati lengkung rahang yang kecil sehingga gigi berjejal.

Gigi susu yang terlambat dicabut (persistensi) atau sebaliknya, gigi susu yang terlalu cepat dicabut, juga bisa memicu tumbuhnya gigi taring gingsul.

Gigi gingsul dipengaruhi juga faktor genetik (keturunan), letak benih yang salah, atau trauma pada gigi susu yang menyebabkan gigi tetap tumbuh gingsul karena akar gigi gigi sulung menjadi ankilosis atau mengalami keterlambatan dalam resorpsi akar.

Efek dari gigi gingsul yang kurang baik yaitu mudah terjadi penumpukan/akumulasi plak gigi, serta kesulitan membersihkan daerah itu dengan sikat gigi. Meski demikian, gigi taring sebaiknya tak boleh dicabut karena sangat diperlukan untuk membentuk sudut lengkung rahang dan membuat muka terlihat simetris dan wajah tidak cekung jika dilihat dari samping.
Perlu Dirapikan Gigi gingsul bisa dirapikan dengan kawat gigi. Sebab fungsi utama penggunaan alat ortodonti atau kawat gigi adalah meratakan gigi.


Pemilihan metode perawatan dan cara yang digunakan pada penatalaksanaan kasus maloklusi dengan gigi gingsul tergantung posisi (letak), angulasi, dan inklinasi gigi.

Posisi / letak gigi gingsul sangat penting. Untuk menentukan diagnosa yang tepat, perlu dilakukan evaluasi klinis dan radiogragrafis. Evaluasi klinis dilakukan dokter gigi dengan jalan inspeksi dan perabaan.

Jika tak terdeteksi dengan perabaan, maka perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen. Bisa menggunakan foto rontgen periapikal, foto oklusal, maupun foto panoramik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar